Setelah sebelumnya membahas cara membuat tabel di Microsoft Excel 2007 yang artikelnya dapat Anda baca di tautan ini, hari ini TRL berikan panduan cara membuat tabel di Microsoft Office 2007. Masih saudara sedarah, namun beda peruntukan.

Langsung saja ya.
  • Pertama klik tombol Start – All Programs – Microsoft Office – Microsoft Office Word 2007.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007
  • Setelah aplikasi Microsoft Office berjalan buat judul tabel terlebih dahulu.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


  • Tekan enter kemudian klik menu ribbon Insert – Table kemudian gerakkan kursor sesuai dengan jumlah kolom dan baris yang Anda butuhkan.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007_2
  • Sekarang tabel Anda seharusnya sudah tampil di bawah judul dokumen. Perhatikan, setiap kali Anda mengklik area tabel maka ribbon akan berubah secara otomatis ke area Design seperti yang saya tunjukkan di gambar ini. Di menu ribbon Design inilah Anda dapat mengubah bentuk, warna, termasuk menghapus dan menggambar tabel baru.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007
  • Kita coba ya, misalnya memberi warna pada baris atau kolom tertentu. Tandai dahulu kolom atau baris yang hendak diberi warna. Kemudian dengan posisi masih di menu Design Anda klik Shading dan pilih warna sesuai selera.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


  • Hasilnya seperti ini. Anda dapat mencoba beberapa menu yang ada agar makin paham dan mahir.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007
  • Kemudian jika karena suatu sebab tiba-tiba tabel menjadi tidak rapi seperti ini, bagaimana solusinya?
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007
  • Mudah sekali, arahkan kursor ke sudut paling kiri Anda sampai ada tanda plus seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik kanan dan temukan menu Distribute Columns Evenly dan lihat hasilnya. Tabel akan kembali rata dan rapi.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007
  • Lalu bagaimana jika ingin menambah kolom baru? Itu juga sangat mungkin dilakukan. Letakkan kursor di sisi paling kanan atau di posisi yang ingin Anda tambahkan kolom baru. Boleh di awal atau di tengah. Kemudian klik kanan – Insert dan klik Insert Columns to the Right atau pilih menu lain sesuai orientasi yang Anda inginkan. Opsi untuk penambahan kolom di sebelah kanan, jika ingin menambah di sebelah kiri Anda bisa memilih Insert Columns to the left. Sedangkan untuk menambah baris silahkan pilih Insert Rows Above (atas) atau Insert Rows Below (bawah).
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


  • Kolom baru berhasil ditambahkan.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007
Sampai di sini semoga sobat sudah bisa membuat tabel sendiri dengan Microsoft Office 2007. Cara membuat tabel di Microsoft Word 2007 ini tidak sama dengan versi Office 2000 atau 2003. Terutama dari interface menu-menunya dan penamaan panel. Tetapi jika Anda sudah paham membuat tabel di versi 2000 dan 2003, maka seharusnya tidak akan menemui kesulitan saat menggunakan versi Office 2007.
  4. PENGGABUNGAN HALAMAN & FOOT NOTE

Penggabungan Halaman dan Footnote

1. Penggabungan Halaman
    tutorialnya :

a. Klik menu Insert --- Page Number --- Format Page Number



    b. Setelah kita klik Format Page Number maka akan muncul kotak dialog. untuk yang pertama pada Number Format kita pilih 1,2,3..... setelah itu pada Page Numbering di kotak Start At kita ketik angka 1.



c. setelah itu klik lagi menu Insert --- Page Number --- pilih dimana kita ingin meletakkan nomor halaman,misalnya dibawah kita pilih Bottom Of Page lalu pilih dimana posisi nomor halaman pada lembar kerja kita. disini saya letakkan di tengah bawah.


d. dan seperti ini tampilan nomor halaman yang pertama


e. lalu letakkan kursor di lembar kerja pada halaman terakhir. setelah itu kita klik menu Page Layout --- Breaks. maka secara otomatis akan muncul lembar kerja baru  dibawahnya.
Berikutnya kita ulang lagi cara pada bagian a. namun pada kotak dialog Number Format kita pilih I,II,III.... setelah itu pada Page Numbering di kotak Start At kita ketik angka III misalnya. selanjutnya kita ulangi lagi cara pada bagian c namun disini saya akan meletakkan nomor halaman di atas tengah. dan hasil akhir nya akan seperti ini :


Sangat mudah kan? dan sekarang anda tidak perlu pusing lagi dalam pemberian nomor halaman pada makalah anda :)



2. Footnote
    Footnote adalah keterangan referensi buku atau karangan yang sebagian tulisannya kita ambil untuk karya tulis yang kita buat,baik itu makalah ataupun skripsi. tatacara penulisannya adalah Nama pengarang yang tidak disertai gelar,judul buku,penerbit,kota terbit,tahun dan yang terakhir halaman. ada beberapa bagian footnote yaitu Ibid suatu karangan yang sama tanpa diselingi karangan lain. Op.Cit suatu karangan yang sama namun telah di selingi karangan lainnya. Loc.cit suatu karangan yang sama dengan halaman yang sama pula namun telah di selingi karangan lainnya.
Contoh Footnote adalah sebagai berikut :

   Ulfa Triana,Aplikasi Komputer,PT Cendikia(Bandar Lampung:2016)hlm.19
   Ibid,hlm.50
   Daniel Urhan,Pendidikan Agama Islam,PT Pesona(Kalianda:1995)hlm.71
   Ulfa Triana,Op.Cit.hlm.78
   Livia Risma,PAI Untuk Mahasiswa,PT Plinssfa(Palas:20005)hlm.32
   Ulfa Triana,Loc.Cit.
 5. BORDER & SHADING

Border adalah sebuah fasilitas dari microsoft word untuk memberi efek garis yang mengelilingi teks atau paragraf bisa juga di sebut frame (bingkai). Border memiliki banyak pilihan model,warna dan bentuk.
1
Dalam menu border terdapat berbagai macam variasi untuk mempercantik frame atau bingkai yang di gunakan sebagai pembingkai teks atau paragraf, diantaranya:
1.Setting
Setting adalah pengatur bentuk bingkai ( frame ).
Macam- macam frame yaitu:
  • None : digunakan untuk menghilangkan efek bingkai (border ) yang telah di pakai
  • Box : digunakan untuk membuat bingkai dengan bentuk kotak biasa
  • Shadow : digunalkan untuk membuat bingkai dengan bentuk kotak bayangan di sudut kanan bawah
  • 3-D : digunakan untuk membuat bingakai dalam bentuk 3 Dimensi
  • Costum : digunakan untuk membuat bingkai secara manual pada tampilan preview
2. Style
Style adalah bentuk atau jenis garis untuk menjadi batasan dari frame.
3. Colour
Colour atau warna berfungsi untuk memberi atau mengganti warna pada garis pembatas frame dengan warna yang kita inginkan.
4.Width
Width berfungsi untuk mengubah ketebalan dari garis bingkai yang kita inginkan.
5. Apply to
Apply to adalah suatu pilihan untuk menentukan teks atau pargraf yang ingin kita bingkai.
6. Horizontal line
Horizontal line berfungsi untuk memilih jenis garis border dari clipArt
7. Options
Options berfungsi untuk memformat margin paragraf
b. Cara membuat border atau langkah – langkah memberi border dengan toolbar paragraph adalah :
  1. Ketik teks dan blok teks yang ingin kita beri border (bingkai)2-as-smart-object-1
  2. Klik tab (menu) page layout3-as-smart-object-1
  3. Klik icon page borders lalu tab border4-as-smart-object-1
  4. Atur setting,style,colour,width sesuai yang di inginkan5-as-smart-object-1
  5. Klik apply to text atau paragraf sesuai yang dengan teks yang ingn di bingkai6-as-smart-object-1
  6. Lalu klik ok dan secara otomatis teks yang kita blok akan di bingkai sesuai yang kita inginkan
7-as-smart-object-1
c. Cara membuat border menggunakan tool outside borders adalah sebagai berikut :
  1. Sorot atau blok teks yang akan di beri border (bingkai)8-as-smart-object-1
  2. Klik tab home     9-as-smart-object-1
  3. Pada kelompok paragraph,klik tombol pilihan outside borders,hingga muncul tampilan sebagai berikut :10-as-smart-object-1
  4. Pilih bentuk bingkai yang di inginkan11-as-smart-object-1
  5. Lalu dengan sendirinya akan muncul border ( bingkai ) sesuai yang kita inginkan
12-as-smart-object-1
Adapun Fungsi yang ada pada tool outside borders adalah sebagai berikut :
13-as-smart-object-1
2. PAGE BORDER
a. Pengertian
Page border adalah adalah sebuah fasilitas dari microsoft word untuk memberi efek garis atau gambar yang mengelilingi halaman. Page border hampir sama dengan border hanya saja perbedaan dari page borden dan border adalah bila di page border garis atau pembatas dapat di ganti dengan gambar.
14-as-smart-object-1
Menu yang terdapat pada page border antara lain :
  • Setting
  • Style
  • Colour
  • Width
  • art
yang menjadi pembeda antara border dan page border dalam hal menu adalah pada menu page border terdapat pilihan art yang Fungsi dari art tersebut adalah memberikan efek gambar sebagai bingkai. Dan menu tersebut tidak didapati pada border.
b. Cara mebuat page border pada menu home
  1. Klik tab home        15-as-smart-object-1
  2. Pada kelompok paragraph pilih tombol pilihan tool pilih borders and shading16-as-smart-object-1
  3. Pilih tab page border, hingga muncul kotak seperti gambar di bawah17-as-smart-object-1
  4. Atur pilihan seting,width,style,colour dan art sesuai yang diinginkan.18-as-smart-object-1
  5. Pada apply to, pilih apakah ingin seluruh halaman, dari mulai posisi kursor sampaiakhir dokumen,atau pada posisi kursor saja.19-as-smart-object-1
Adapun fungsi menu pada apply to adalah :
  • Whole document digunakan sebagaipengaturbingkaipadasemuahalamandalamlembarkerjams word anda.
  • This section digunakan untuk memberikan bingkai pada halaman yang dipilih saja.
  • This section – first page only digunakan hanya pada halaman pertama section tertentu.
  • This section – all expect first page digunakan untuk semua halaman kecuali pada halaman pertama.
6. Klik OK lalu dengan sendirinya halaman itu akan di border sesuai yang kita inginkan
20-as-smart-object-1
Misalkan seperti pada gambar dibawah ini.
21-as-smart-object-1
c. Cara membuat border dengan tool page border pada tab layout adalah
  1. Klik page layout kemudian tab page border22-as-smart-object-1
  2. Pada kelompok page background, pilih tombol klik tool page border23-as-smart-object-1
  3. Pilih tab page border24-as-smart-object-1
  4. Langkah yang terakhir lakukan langkah yang sama seperti membuat page border melalui home25-as-smart-object-1
    Setting sesuai yang kalian inginkan.
    26-as-smart-object-1
    27-as-smart-object-1
Dan akan menghasilkan seperti pada gambar dibawah ini.
28-as-smart-object-1
3. SHADING ( warna latar )
a. Pengertian
Shading adalah suatu fasilitas untuk menambah wadah variasi pada teks agar tampilannya lebih indah dan menarik. Kita dapat menambahkan warna atau arsiran pada latar belakang teksnya
29
Pada menu di shading terdapat beberapa pilihan menu yaitu :
  1. FILL : digunakan untuk memilih warna latar belakang yang diinginkan
  2. STYLE : digunakan untuk menentukan berapa persen corak warna latar belakang
  3. APPLY TO : digunakan untuk menentukan pada apakah ( teks / paragraf ) yang akan di beri efek shading
b. Cara memberi efek shading pada teks / paragraf
  1. Seleksi / pilih naskah yang ingin di shading30-as-smart-object-1
  2.  Klik tab home lalu pada kelompok paragraph, klik tool shading hingga muncul gambar seperti berikut 31-as-smart-object-1
  3. Pilih warna latar yang di inginkan, untuk pilihan warna lain klik more colour 32-as-smart-object-1                                                                                                                                                                        33-as-smart-object-1
  4. Jika warna telah di sesuaikan lalu klik ok34-as-smart-object-1
  5. Maka hasil akan muncul dengan sendirinya, seperti contoh di bawah ini35-as-smart-object-12
c. Cara untuk menghilangkan efek shading yang telah digunakan
  1. Klik tab menu home  36-as-smart-object-1
  2. Pada kumpulan paragraph tab shading37-as-smart-object-1
  3. Klik no colour38-as-smart-object-1
  4. Efek shading akan hilang dengan sendirinya seperti pada ampilan dibawah ini.39-as-smart-object-1

6. PEMBERIAM SIMBOL |& GAMBAR
Untuk memasukkan gambar pada lembar kerja sesuai dengan prosedur, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka dulu lembar kerja microsoft office word anda.
  2. Selanjutnya klik insert pada menu bar microsoft word.
  3. Pada kolom atau group illustrations terdapat pilihan picture, clip art, shapes, smart art dan chart. Pilih picture untuk memasukkan gambar.
  4. Selanjutnya anda akan dibawa pada dokumen atau folder dimana tempat anda menyimpan gambar yang akan di masukkan.
  5. Cari folder dimana gambar anda berada, kemudian klik pada gambar untuk menyeleksi.
  6. Selanjutnya klik insert pada menu bagian bawah.
  7. Gambar sudah selesai dimasukkan.
Itulah sedikit tutorial ms word sederhana tentang cara memasukkan gambar pada lembar kerja microsoft word. semoga artikel sederhana ini bisa membantu dan semoga sukses untuk semua.
7. POWER POINT